Komentar

Inilah 8 Makanan Yang Dapat Menurunkan Gula Darah Dengan Cepat , Penderita Diabetes Harus Tahu!

Posting Komentar


Kadar gula darah yang sedang naik atau yang biasa dikenal dengan darah tinggi, sungguh akan membahayakan kesehatan. Umumnya terutama sangat mengancam bagi para penderita diabetes. Hal tersebut benar-benar wajib kalian hindari. 

Kadar gula darah yang sedang tinggi merupakan masalah kesehatan yang tidak bisa dianggap remeh. Oleh karenanya kamu harus memperhatikan hal tersebut, terutama memperhatikan faktor makanan yang nantinya akan dikonsumsi.

Selain itu untuk memahami penyebab kadar gula darah bisa menjadi tinggi, pertama tama kamu harus mengenali nya terlebih dahulu. Semua itu dimulai dari insulin. Insulin adalah sebuah hormon yang dapat mengatur metabolisme karbohidrat, insulin juga sebuah hormon yang masuk kedalam aliran darah & dapat memberikan nutrisi. Sehingga gula darah akan tetap dalam keadaan stabil. 

Disamping itu keberadaan insulin sering disebut-sebut sebagai hormon negatif, padahal keberadaan insulin benar-benar berguna & sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Saat tubuh tidak dapat memproduksi insulin secara seimbang, tubuh akan mengembangkan resistensi insulin yang akan menyebabkan diabetes tipe 2. 

Salah satu opsi yang dapat dilakukan untuk membantu mengatur kadar insulin adalah dengan makan secara teratur & memakan makanan 4 sehat 5 sempurna. 

Mengutip dari LifeHack Berikut ini adalah 9 makanan yang dapat menurunkan gula darah secara efisien & mencegah diabetes: 

 1.Bayam

Kandungan yang ada didalan bayam mengandung asam amino dan mempunyai protein sebanyak 5 gram. Sayuran tersebut juga merupakan sumber mineral kalsium, kalium & magnesium. Semuanya memiliki fungsi untuk menurunkan tekanan darah. 

Selain itu kehadiran bayam merupakan sumber serat yang sangat baik dalam membantu menurunkan gula darah. Protein, serat dan mineral adalah 3 komponen luar biasa untuk menjadi penyeimbang kadar insulin & membuat tubuh menjadi lebih sehat. 

2.Telur

Telur menjadi salah satu makanan yang sangat penting karena mempunyai kandungan protein, lemak dan vitamin. Kandungan vitamin pada telur berupa vitamin B12 &  vitamin D, kunci untuk menurunkan gula darah dengan cara konsumsi telur adalah dengan menkonsumsinya dalam jumlah yang sedang. 

Dengan kata lain menkonsumsi dengan secara seimbang. Tidak lebih dari itu, disarankan untuk memilih telur yang berkualitas. Seperti telur organik, dengan itu. Telur akan menurunkan gula darah secara efisien, karena telur memang sangat mudah dicerna. Sehingga nutrisi akan secara cepat mencapai sel-sel & membantu menurunkan gula darah. 

3.Alpukat

Alpukat adalah salah satu makanan jenis buah-buahan yang kaya akan vitamin, dengan demikian. Kandungan manfaat yang ada pada alpukat dapat membantu untuk menurunkan gula darah secara cepat. 

Selain itu kandungan pada apukat terdapat sumber lemak tak jenuh, salah satu jenis lemak terbaik untuk tubuh terutama jantung. Alpukat juga memiliki asam amino & sumber serat yang cukup baik. Selain itu kandungan alpukat terdapat vitamin B mineral, magnesium, dan kalium. 

Sebagai pengganti makanan seperti keju, terutama untuk dikonsumsi penderita diabetes & intoleransi makanan. 

4.Yogurt

Salah satu susu yang terbuat dari proses permentasi ini dapat menurunkan gula darah loh. Eits tapi ingat, yang dapat menurunkan gula darah yaitu Yogurt yang tanpa lemak. Yogurt tersebut menjadi sumber kalsium, magnesium & kalium yang sangat bagus. 

Kandungan yang terdapat dalam yogurt dapat membantu menurunkan gula darah & menjaga nafsu makan agar tetap baik. Menkonsumsi yogurt wajib yang didapat dari sumber organik, karena lebih sehat. dalam hal lain menkonsumi yogurt wajib yang tidak mengandung hormon atau antibiotik tambahan. Dan juga yang tidak mengandung gula atau bahan buatan tambahan lainnya. 

5.Brokoli

Brokoli merupakan salah satu makanan sayuran yang dapat menurunkan gula darah. Brokoli menjadi sumber serat yang sangat baik, kandungan brokoli bersifat membuat lambat gula yang akan dilepas dari makanan menuju sel-sel tubuh .

Bahkan bukan hanya itu saja, jika tidak memakan gula secara langsung semua makanan yang dikonsumsi akhirnya berubah menjadi glukosa. Untuk digunakan tubuh menghasilkan energi. Sumber serat yang terdapat pada brokoli akan menjadi kunci untuk menjaga kadar gula agar dapat selalu sehat dalam sepanjang waktu. Dan juga menjaga pencernaan serta asimilasi nutrisi. 

6.Biji Chia

Biji Chia adalah salah satu makanan biji-bijian yang dapat menurunkan gula darah. Biji-bijian kecil yang berasal dari tanaman Salvia Hispanica L, walaupun bentuknya hanya berupa biji yang sangat kecil. Biji chia menjadi sumber asam amino yang baik serta serat & juga protein pada kandungannya. 

Semua manfaat tersebut dapat menjadi makanan untuk menurunkan gula darah yang sangat baik. Selain itu biji chia juga sangat kaya akan asam lemak & omega tiga yang berguna untuk hati, serta untuk proses metabolisme tubuh. Asam lemak dan omega tiga dipercaya dapat memicu kesehatan otak untuk membantu agar merasa lebih segar di sepanjang hari. 

7.Kacang Almond

Seperti hal nya biji chia, kacang almond juga berguna untuk menurunkan gula darah.  Kacang almond mengandung berbagai macam vitamin dan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Jenis kacang almond ini lebih kaya akan banyak serat & nutrisi dari jenis kacang-kacang lainnya. 

Kacang almond menjadi opsi yang sangat tepat untuk menurunkan gula darah, selain itu manfaat kacang almond juga dapat menurunkan tingkat tekanan darah.  Didalam kacang almond juga terdapat protein dengan jumlah sebanyak 7 gram, 1 gram gula alami dan 3 gram serat. Biji-bijian ini juga mengandung kalium dan magnesium. 

8.Ikan 

Salah satu hewan air yang dapat membantu menurunkan gula darah salah satunya yaitu ikan. Ikan mengandung beragam manfaat kesehatan untuk tubuh, mulai dari protein, zat besi, lemak sehat, vitamin B, mineral, kalium serta magnesium. 

Menkonsumsi ikan dapat menurunkan kadar gula dengan baik, karena kandungan nutrisi yang terdapat pada ikan sifatnya secara keseluruhan. Jenis ikan untuk dikonsumsi yang lebih efektif diantaranya: tuna, salmon liar & nila. Yang merupakan jenis ikan yang hidup dialam liar. Hindari konsumsi ikan goreng yang dimasak dengan menggunakan minyak dalam jumlah banyak. 

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah untuk menghindari ikan-ikan tambak. Karena dikhawatirkan mengandung merkuri, polutan beracun dan pestisida. 

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email